Kamis, 07 Januari 2010

Pemberian dan Pengembalian Pinjaman dalam koperasi simpan pinjam

Pemberian pinjaman kepada anggota ditentukan oleh persyaratan yang telah disepakati bersama antara Koperasi dan anggota. Persyaratan tersebut antara lain: besarnya pinjaman, bunga, pengembalian pinjaman dan penanganan pinjaman bermasalah Jika pada bank persyaratan itu sulit dipenuhi, kesulitan tersebut harus dapat diakomoder melalui interaksi antar anggota dan pendidikan yang terus menerus dilakukan (demokrasi, setiakawan, solidaritas dan kebersamaan ). Disinilah perbedaan Bank dan Koperasi. Karena hakekat koperasi adalah dari, oleh dan untuk anggota sehingga keanggotaan pada koperasi menjadi kunci sukses yang akan membawa koperasi dapat mengatasi masalahnya secara mandiri, jika koperasi mampu melaksanakan nilai-nilai koperasi secara benar.

Program yang ada di Koperasi simpan pinjam mempunyai program simpanan dan program pinjaman.

Untuk program simpanan terdiri dari :
1.Simpanan Pokok adalah Simpanan yang hanya disetorkan sekali dalam masa keanggotaan dan besarnya sama untuk masing masing anggota..
2.Simpanan Wajib adalah simpanan yang wajib disetorkan setiap sebulan sekali, besarnya pun sama untuk masing masing anggota
3.Simpanan Sukarela adalah Simpanan yang di setorkan secara sukarela sesuai dengan kemampuan anggota.

Simpanan pokok dan simpanan wajib tidak dapat diambil selama masih menjadi anggota koperasi, namun akan diberikan apabila sudah tidak menjadi anggota koperasi. Sementara simpanan sukarela dapat diambil sewaktu waktu jika di butuhkan.

Ketiga program simpanan tersebut merupakan sumber modal bagi koperasi ini. Selain dari tiga sumber modal tersebut, sumber modal yang lain didapatkan dengan melakukan kerjasama dengan koperasi yang lainnya.

Sementara untuk program pinjaman hanya dapat diberikan kepada anggota yang membutuhkan tambahan modal untuk usaha yang telah dilakukan atau yang akan dilakukan. Jenis usaha yang selama ini dilakukan oleh masyarakt sekitar hutan antara lain adalah usaha warung sembako, souvenir, kelompok masyarakat yang membuat kain tradisional.

Untuk menjadi anggota koperasi tersebut persayaratannya cukup mudah hanya dengan mengisi formulir yang telah disediakan dengan data yang digunakan adalah kartu identitas penduduk (KTP).

Besaran pinjaman yang dapat diberikan kepada masing masing anggota adalah 10 kali lipat dari simpanan pokok yang telah disetorkan, dengan bunga tertentu, bunga yang diberikan kepada anggota lebih kecil dibandingkan dengan melakukan pinjaman dari bank. Besaran pinjaman akan bertambah apabila pembayaran atas cicilan pinjaman dibayarkan tepat waktu.

Karena koperasi adalah merupakan bisnis kepercayaan maka sangat diperlukan etika baik dari pengelola dan angggota untuk mengelola koperasi sebaik mungkin agar dapat meningkatkan SHU yang akan diberikan kepada masing masing anggota.

SHU adalah Sisa hasil usaha yaitu pembagian keuntungan koperasi kepada masing masing anggota. SHU di bagikan setahun sekali kepada masing masing anggota dan besaran SHU tergantung dari seberapa aktif dan seberapa sering anggota melakukan pinjaman dan membayar tepat waktu. Jadi semakin sering anggota meminjam dan membayar tepat waktu maka semakin besar SHU yang didapat, karena kontribusi keuntungan yang diberikan lebih besar dari anggota yang lebih sedikit melakukan pinjaman.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo,
Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak atau Anda memerlukan uang untuk membayar hutang, membeli peralatan dan menyelesaikan kesulitan keuangan ,? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan khawatir lagi karena di sini ada sebuah perusahaan pinjaman yang sah yang dikenal sebagai pinjaman ELIZABETH CHRISTOPHER dimana pinjaman dibuat mudah bagi individu dan badan hukum yang memenuhi syarat dengan tingkat bunga 2% saja,
Hubungi kami hari ini via email: elizabethchristopherloan@gmail.com
DATA PEMOHON
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi saat bekerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan Pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah kamu melamar dulu?
16) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris:
17) Tanggal lahir:
Nyonya Elizabeth.
Perusahaan pinjaman Elizabeth
Email: elizabethchristopherloan@gmail.com
Terima kasih,

Maria Heinze mengatakan...

Halo, apakah anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat. Di Marquez finance, kami mampu memberikan pinjaman untuk memperluas bisnis Anda, konsolidasi hutang, pinjaman hipotek, pinjaman mobil atau pinjaman mahasiswa dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via (mariaheinze@marquezfinanceltd.com)

Unknown mengatakan...

Halo,
Nama saya Wulan Sari dari Jakarta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, saya mengajukan pinjaman sekitar 220 juta dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 10 juta Tanpa mengeluarkan pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 4 kali dua wanita berbeda di Filipina, saya harap saya akan bertemu dengan yang benar. Orang, tapi aku tidak.

Tuhan jadilah kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada pinjaman Mrs.Loana George, CEO GUARANTY TRUST LOAN, dan saya mengajukan 150 juta, saya Pikir itu adalah lelucon dan kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan
Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
Nyonya Loana George melalui email: loanageorge11@gmail.com

Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: sariwulan3600@gmail.com

Sekali lagi terimakasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

Unknown mengatakan...

Halo,
Nama saya Regina Trevor, dan saya telah menjadi korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu, saya kehilangan sampai Rp3.000.000 dan akibatnya, saya hampir meninggal. Bisnisku hancur, dan aku tidak punya tempat untuk pergi. Sampai saya bertemu dengan seorang wanita yang sangat baik bernama Ibu MARIA HEINZE, yang memberi saya pinjaman yang bagus, dan saya segera mengembalikan semua uang yang saya hilang. Anda juga bisa mendapatkan pinjaman yang bagus dan aman seperti yang saya lakukan. Yang harus Anda lakukan adalah menghubungi wanita ini melalui email ini: mariaheinze@marquezfinanceltd.com Saya yakin Anda akan menemukan pertolongan seperti yang saya lakukan. Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email ini: reginatrevor50@gmail.com

Terima kasih.

Eva Molska mengatakan...

Halo,
Apakah Anda mencari pinjaman? Anda memerlukan Pinjaman Usaha, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Perumahan, Atau apakah Anda menolak pinjaman bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Kamu disini Perusahaan pinjaman Eva Molska kami terbatas untuk memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini via evamolska12@gmail.com

Posting Komentar